Monday 11 August 2014

Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Loading Dan Front Loading


Bagi ibu rumah tangga, mesin cuci merupakan salah satu produk elektronik yang memiliki keunggulan daripada yang lain karena memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci.

Banyak pilihan mesin cuci yang bisa Anda pilih dimana masing-masing mesin cuci tersebut meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi banyak keunggulan dan kelemahannya yang berbeda-beda.

Diantara begitu banyak mesin cuci yang ditawarkan, mesin cuci top loading dan front loading merupakan beberapa tipe mesin cuci yang banyak diminati oleh masyarakat.


Kedua mesin cuci tersebut dirasa begitu berbeda dengan mesin cuci kebanyakan karena selain memiliki desain yang unik, kedua mesin cuci tersebut juga dirasa sangat pas untuk menjadi bagian dalam kegiatan rumah tangga.

Meskipun memiliki bentuk dan fungsi yang sama, akan tetapi mesin cuci top loading dan front loading memiliki perbedaan yang cukup besar diantara keduanya. Apa saja perbedaan itu, berikut ulasannya.

Mesin Cuci Top Loading

Banyak orang yang memilih mesin cuci ini karena jika dilihat dari segi usia, Top Loading dapat bertahan cukup lama yaitu sekitar 10 hingga 12 tahun jika dibandingkan dengan mesin cuci kebanyakan.

Meskipun memiliki rentang usia yang cukup panjang, tetapi jika dilihat dari kehematan airnya, Top Loading memiliki tingkat keborosan air yang cukup tinggi karena ketika mencuci Anda harus merendamnya hingga penuh agar mesin bisa berputar.

Namun, satu hal yang membuatnya tampak berbeda yaitu terletak pada keborosan itu sendiri dimana dengan semakin banyaknya air, maka mencuci pun akan lebih singkat dan cepat.

Selain penjelasan diatas, berikut keunggulan dan kelemahan dari Mesin Cuci Top Loading.

Keunggulan :

+ Lebih tahan lama (mampu bertahan hingga 12 tahun)
+ Dapat menambahkan pakaian di tengah pencucian
+ Mencuci lebih singkat
+ Harga lebih murah

Kelemahan :

- Memiliki tingkat pemborosan air yang cukup tinggi karena Anda harus merendam pakaian sepenuhnya

- Hasil cucian lebih basah, sehingga waktu pengeringan lebih lama

- Hasil cucian tidak sebersih Mesin Cuci Front Loading

- Untuk pakaian halus, Top Loading kurang bersahabat

Mesin Cuci Front Loading

Jika Top Loading memiliki tingkat keborosan air yang cukup tinggi, berbeda dengan Front Loading yang memiliki tingkat kehematan air. Kehematan air pada Front Loading terletak pada Drumnya yang Horizontal, sehingga air yang di gunakan untuk mesin cuci tipe ini jauh lebih sedikit di banding dengan mesin cuci Top Loading.

Selain lebih hemat, proses pembersihan pakaian juga terbilang cukup simple ditambah dengan adanya gravitasi ke bawah dengan drum yang berputar kencang, kombinasi ini yang membuat mesin cuci Front Loading dapat membersihkan pakaian.

Meskipun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Top Loading, Front Loading juga tidak luput dari kelemahan, salah satunya adalah waktu pencuciannya yang cukup lama.

Untuk lebih jelasnya, berikut keunggulan dan kelemahan dari Mesin Cuci Front Loading.

Keunggulan :

+ Lebih hemat air
+ Menggunakan deterjen yang lebih sedikit
+ Lebih bersahabat pada pakaian
+ Pakaian lebih kering, sehingga waktu pengeringan lebih singkat

Kelemahan :

- Lifetime tidak selama Top Loading
- Lebih susah untuk loading/unloading pakaian (harus menunduk)
- Biasanya tidak bisa menambahkan pakaian ketika sudah mulai mencuci
- Waktu pencucian lebih lama

Itulah sekilas perbedaan antara mesin cuci top loading dan front loading yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui tentang jenis mesin cuci lainnya, silahkan kunjungi http://www.lg.com/id/mesin-cuci-top-loading .

No comments:

Post a Comment